Kingdon181 Cyber Area

Selasa, 17 Februari 2009

Minangkabau Dalam Keprihatinan


Perubahan sosial dan budaya terjadi secara terus menerus di Minangkabau. Ranah yang dahulunya banyak melahirkan tokoh kini mulai digerogoti oleh arus baru nan secara perlahan membelit pola fikir generasi muda Minang.

Gelisah tentu melanda kalangan yang masih menganggap sistem nilai Minangkabau sebagai sesuatu pusaka aturan hidup nan perlu dipertahankan eksistensinya. Salah satu yang dilanda kegelisahan adalah Lembaga nan berkompeten mengenai adat yakni Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).


Pada dasarnya kegelisahan mereka juga merupakan kegelisahan saya.Sebagai orang muda Minang saya juga prihatin dengan perubahan negatif yang terjadi, seperti tata cara pergaulan muda mudi nan cenderung bebas dengan mencaplok gaya hidup Barat tanpa pilah-pilih. Lainnya, pembentukan keluarga-keluarga baru yang juga jauh dari sistem nilai Minangkabau.

Kadang saya bertanya-tanya juga, masih adakah Minangkabau itu? Atau nan tertingal hanyalah nama besar etnis penganut Matrilineal? Jika pencegahan tidak ada, maka tidak mustahil Sistem Nilai Minangkabau hanya tingal kenangan.

Tidak ada komentar:

Dream Motorcycle

Dream Motorcycle
Suzuki
Powered By Blogger