Rabu, 02 Mei 2012

JELAJAH RANAH MINANG BERSAMA GUWO WISATA

www.guwowisata.wordpress.com

GuwoNews, Padang (02/05) - Ranah Minang merupakan julukan daerah yang saat ini masuk dalam cakupan Propinsi Sumatera Barat. Meski saat ini Minangkabau identik dengan Sumatera Barat, sesungguhnya wilayah Minangkabau jauh lebih luas dibanding wilayah Sumatera Barat sekarang. 

Ranah Minang mayoritas dihuni oleh etnis Minangkabau atau lazim juga disebut "urang minang". Salah satu keunikan etnis Minangkabau dibanding etnis lain yang ada di Indonesia adalah pola kekerabatannya yang menganut sistem kekerabatan matrilinial yakni sistem kekerabatan yang garis keturunannya berdasarkan garis ibu. Hal tersebut menjadi semakin unik karena urang minang juga identik sebagai penganut Islam yang taat padahal Islam lebih cenderung kepada patrilinial atau keturunan berdasarkan garis ayah/bapak. Namun itulah Ranah Minang dengan ragam keunikan yang terkandung di dalamnya.

Keunikan Ranah Minang pun tak hanya sebatas budaya saja melainkan juga ada keunikan lainnya yang dikemas oleh CV. Guwo menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata tersebut terdiri dari Objek Wisata Sejarah dan Budaya, Objek Wisata Alam, dan Objek Wisata Kuliner. Objek wisata sejarah akan membawa wisatawan ke daerah-daerah yang menjadi saksi bisu sejarah perrjalanan bangsa Indonesia, maupun daerah bersejarah dalam skala lokal. Mengunjungi objek wisata sejarah sesungguhnya sangat penting dilakukan karena ia merupakan rekaman memori kolektif bangsa secara nasional maupun secara kedaerahan/lokal. Objek wisata sejarah Ranah Minang tersebar di kabupaten dan kota yang ada di wilayah Sumatera Barat. (Bersambung...?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar